Selasa, 02 September 2014

HSG, Tes Sperma, hingga PCO

Introduction

Saya menikah akhir Juni 2010 tepatnya tanggal 28. Sebelum menikah, saya sempat terbersit kalau ingin menunda untuk mempunyai anak dulu (ceritanya udah over confident nih, kalo semuanya akan berjalan according to the plan), maklum saya dan suami dulu belum puas pacaran. Pacaran cuma satu tahun, dan itu hanya bertemu 5x (LDR) suami bekerja di Bekasi, saya di Solo, dan akhirnya kami memutuskan untuk menikah. Selang satu tahun, oke saya anggap rencana penundaan kehamilan berhasil, saya dan suami memutuskan untuk konsultasi program hamil ke DSOG. By the way, selama satu tahun pernikahan, saya dan suami tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun untuk menunda, happened naturally. 

Dokter pertama yang saya kunjungi adalah dokter Ivan sanusi S.pOG. Oya, saya berdomisili di Solo, Jawa tengah. Untuk program hamil, biasanya dokter akan bertanya, "Sudah berapa tahun menikah?" karena baru satu tahun, dokter pun berkomentar, "Santai... masih 1 tahun" Jadi saya baca-baca nih, untuk mengetahui pasangan fertil / infertil itu setelah usia perkawainan 1 tahun, ada juga yg bilang 1,5 tahun aktif berhubungan tanpa kontrasepsi, jika belum terjadi kehamilan, maka pasangan disarankan untuk melakukan tes. 

Dua kali visit dokter Ivan, dikasih obat penyubur, tapi karena lama, jadi lupa obatnya (both me and husband). Ada satu obat penyubur sinshei namanya Pak Fung Pills, jumlahnya 4, kemasan kotak dari enamel. Saya bilang pill buto, soalnya besar-besar, trus dilapisi semacam lapisan lilin. Cara konsumsinya lapisan lilin itu dihilangkan dulu, kemudian pil yang warnanya coklat dilarutkan dengan air hangat, trus diminum deh.




(Kemasan Pack fung pills, sekarang tempatnya malah dijadikan tempat koin)

Dua kali visit ke dokter Ivan, di kunjungan terakhir kami direkomendasi u/ cek HSG dan suami cek sperma, tapi kami malah break. Kami masih berfikir kalau kami baik-baik saja, dan saya memilih untuk menunggu terjadinya kehamilan secara alami.

Tes HSG dan Tes Sperma

Selang hampir dua tahun, tak kunjung hadir juga tanda-tanda kehamilan, akhirnya saya mencoba konsultasi ke dokter rekomendasi teman saya, yakni dr. Eryana S.pOG (k) keifer adalah u/ dokter yang ahli dalam infertility. Konsultasi-konsultasi, then ujung-ujungnya disarankan untuk cek HSG sama Cek Sperma juga.

Berikut penjelasan ttg HSG yang saya kutip dari salah satu sumber.

Apa itu HSG?
Histersalpingografi? Pemeriksaan Histerosalpingongrafi (HSG), dikennal juga dengan pemeriksaan uterosalpingografi, adalaha pemeriksaan sinar X dengan memakai cairan kontras yang dimasukkan ke rongga rahim dan saluran terur (tuba fallopi)

Apa Tujuannya?
Untuk mengetahui kondisi saluran telur sekaligus apakah ada sumbatan dan letaknya pasa saluran telur yang bisa menyebabkan infertilitas. Pemeriksaan HSG juga bisa mengevaluasi bentuk, ukuran dan struktur rongga rahim (mioma uteri  jenis submukosum), polip rahim, perlengketan (adesi) dinding rahim, atau kelainan bawaan rongga rahim seperti adanya sekat pada rahim (septum). Pemeriksaan ini juga bisa mengetahui penyebab keguguran berulang.

Kapan Dilakukan?
Sesudah haid tapi sebelum ovulasi, yaitu antara hari ke-9 sampai ke-14 siklus haid, untuk memastikan anda tidak hamil ketika pemeriksaan ini dilakukan. Pemeriksaan HSG tidak boleh dilakukan ketika menstruasi, karena pembuluh darah sedang dalam keadaan terbuka sehingga dikhawatirkan menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah. HSg juga sebaiknya tidak dilakukan bila anda mengalami infeksi di saluran reproduksi atau daerah pannggul (pelvis) yang kronis, penyakit menulaar seksual, serta bila anda baru menjalani operasi rahim atau saluran telur.

Bagaimana cara pemeriksaannya?
Pemeriksaan ini dilakukan di bagian radiologi seperti saat anda melakukan foto rontgen. Setelah mengganti baju dengan baju pemeriksaan dan melepaskan perhiasan, anda diminta berbaring dengan kedua paha terbuka (posisi litotomi), seperti pemeriksaan pap smear. Dokter radiologi akan memasukkan spekulum ke vagina sehingga mulut rahim terlihat, lalu kateter dimasukkan ke rongga rahim melalui mulut rahim. Cairan kontras disuntikkan ke dalam rahim melalui kateter dan spekulum dikeluarkan. Beberapa foto rontgen akan diambil ketika cairan memenuhi rahim, masuk ke dalam saluran telur hingga - bila tidak ada sumbatan tumpah ke dalam rongga perut.
Biasanya prosedur ini berlangsung selama 30 menit. Setelah selesai, kateter dilepas dan anda diminta untuk tetap berbaring selama beberapa menit, lalu dipersilahkan bangun dan mengganti pakaian. Anda bisa makan dan minum seperti sebelum dan sesudah pemeriksaan, serta diminta buang air kecil untuk mengosongkan kandung kemih.

Sakitkah?
Anda akan merasa tidak nyaman ketika kateter dipasang dan caran kontras disuntikkan. Bahkan merasa kram perut seperti ketika menstruasi bila ada sumbatan di saluran telur. Anda juga bisa merasakan sakit kepala ringan dan sakit di perut bagian bawah karena iritasi di selaput perut (Peritoneum). Namun rasa sakit tersebut tidak akan berlangsung lama. Lagipula, anda akan diberi obat penahan sakit (anti nyeri) saat pemeriksaan dilakukan (untuk yang satu ini saya tidak, hiks..). Mungkin anda juga akan diberi antibiotik untuk mengurangi resiko infeksi akibat pemeriksaan ini (saya juga skipped untuk yang satu ini)

Kapan hasil pemeriksaan bisa diperoleh?
Hasilnya bisa diperoleh hari itu juga. Dokter radiologi akan memberikan analisis dari pemeriksaan tersebut, lalu dokter kandungan yang menangani anda akan menjelaskan langkah terapi apa yang perlu anda laukakn bila ternyata ditemukan masalah yang mengganggu kesuburan anda.

Apakah ada efek sampingnya?
Pemeriksaan ini cukup aman dan jarang menimbulkan komplikasi. Memang ada resiko alergi, tapi kecil karena sebelum pemeriksaan, anda akan menjalani skin test terlebih dahulu untuk mengetahui apakah anda ada alergi cairan kontras yang digunakan atau tidak. Bila anda tidak alergi pada cairan kontras tersebut, justru dapat menghambat pertumbuhan kuman dan meningkatkan imunitas terhadap kuman karena mengandung zat yang bersifat antiseptik. Sinar X yang digunakan juga dalam dosis yang dikontrol untuk meminimalkan paparan radiasi yang anda terima. Anda tidak perlu khawatir bila muncul flek selama beberapa hari setelah pemeriksaan HSG, hal itu normal terjadi.

Benarkah pasien bisa hamil setelah pemeriksaan?
Beberapa penelitian membuktikan, pemeriksaan HSG bisa meningkatkan fertilitas pada wanita yang pernah menjalaninya, terutama pada wanita yang mengalami masakah pada saluran telurnya. Alasannya, cairan kontras yang disemprotkan ke rahim terkadang bisa membuka saluran telur yang tersumbat sehingga membantu wanita yang bersangkutan bisa hamil. Selain 'membersihkan' sumbatan, pemeriksaan ini juga bisa meluruskan saluran telur, menstimulasi sel silia di saluran telur atau meningkatkan cairan mukosa di leher rahim (serviks) yang kesemuanya mendukung terjadinya kehamilan.
sumber: http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/periksa.kesehatan.saluran.telur.dengan.hsg/001/001/1606/1/4

Akhirnya saya melakukan tes HSG dan suami tes Sperma.

Biaya HSG (Lab Budi Sehat Solo, th 2012) 550.000
Biaya Cek Sperma (Lab Budi Sehat Solo, th 2012) 175.000

Alhamdulillah hasil tes HSG Patent, artinya saluran tuba falopi tidak tersumbat. Soal sakit atau tidak? lumayan sakit sih.. tapi masih bisa ditolerir kok, artinya nggak sampai banget-banget. Begitu keluar ruangan langsung hilang rasa sakitnya, walau masih ada sedikit ngilu-ngilu. Dan Alhamdulillah hasil tes suami pun Normozoospermia tapi ada infeksi hazmospermia / hematospermia.

Hematospermia adalah sperma bercampur dengan darah. Tidak berbahaya dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.



Gb. atas: hasil HSG
Gb. bawah: hasil tes sperma

Lalu kami kembali konsultasi dengan dr. Eryana dengan membawa hasil lab. Setelah itu beliau hanya meresepkan vitamin untuk suami, yakni: Siklidon, Toco E, sama Cester. Sedangkan saya tidak dikasih obat apa-apa. Saya sebenarnya senang konsultasi dengan ibu dokter ini, beliau ramah, enak diajak konsultasi, nggak keburu-buru walau antrian pasien lumayan panjang dan yang penting murah, hehehe.. biaya konsultasi dan usg hanya 50 ribu ajah (mantab gila! hehe..). Sampai 2-3 kali resep habis and no result! Dokter Eryana juga tidak menyarankan apa-apa lagi, kami akhirnya sempat break promil, lagi dan lagi..

Sempat juga mengunjungi mbah-mbah, dukun pijat terkenal dan banyak testimoni yg menyatakan keberhasilan hamil setelah diurut si embah. Berkunjunglah kami kesana, 2x kunjungan. Berdua diurut (dipijat) terus dikasih jamu (rasa dan bentuknya seperti jamu daun pepaya biasa sih) dan harus habis katanya. Habis mbah.. tapi belum ada hasilnya juga. Pindah ke alternatif lainnya, kali ini seorang bapak usia sekitar 40an. Dipegang tanggan saya, si bapak bilangnya 'Klep nya kendo mbak, jadi kalo berhubungan, sperma langsung balik semua' hohoho.. bukannya memang kalo habis HB sperma memang terkadang sebagian balik?? (pikirku), trus giliran suami dipegang tangganya, 'Oh.. ini varikokel mas' 

Varikokel adalah kelainan spermatozoa. Varikokel terjadi akibat pelebaran pembuluh vena disekitar skrotum. Akibat pelebaran vena, darah menumpuk pada testis dan menyebabkan suhu di area tersebut hangat, sehingga berdampak kurang baik terhadap pembentukan sperma. 

Solusi yang ditawarkan oleh si bapak terebut adalah dua, yakni terapi alternatif atau operasi. Terapi alternatif akan memakan banyak waktu dan hasilnya belum tentu maksimal, beliau lebih menyarankan u/ operasi. Dari situ, kami tidak langsung mengambil tindakan u/ ke dokter dan melakukan operasi varikokel.

Kami juga sempat konsultasi dan berobat ke sebuah pengobatan herbal di daerah Tawang Mangu, Hortus Medicus. Tapi dokter yang kami temui bukan dokter spesialis obgyn, melainkan dokter umum. Mengenai infeksi suami Hazmospermia / Hematospermia dokter berpendapat kalau itu infeksi ringan, dan analisa dokter, hal itu terjadi pada saat tes sperma, karena sperma dikelurkan secara paksa (ejakulasi). Dan kami pun diberikan obat herbal dalam bentuk kapsul yang sangat banyak, dan harus diminum setiap hari selama sebulan. Jika sebulan tidak hamil, kami disarankan untuk kembali konsultasi. Sebulan pun tidak hamil, sementara kami juga menyerah menghabiskan banyak sekali obat yang diberikan. Dan kami pun tidak kembali untuk berkonsultasi, jiah.. (kami pikir dengan minum obat yg segepok itu, sim salabim langsung hamdun)

Bahkan saya sempat memutuskan untuk break dari tempat kerja. Pikir saya, dengan tidak terlalu banyak aktivitas dan pikiran, saya akan hamil. Hampir setahun lebih saya unemployee dan membantu usaha katering ibu saya. Tapi saya malah stres karena kurang aktivitas dan tak kunjung hamil. Akhirnya saya memutuskan untuk bekerja lagi, sampai sekarang. Jauh lebih happy karena bisa sharing sama teman-teman. Dan saya komit akan menikmati apapun yang saya lakukan, both my job and my program to get a baby.

Selepas dua tahun, dari kunjungan terakhir kami ke dr. Eryana dan berbagai macam pengobatan alternatif yang kami tempuh diatas, kami memutuskan untuk 'menikmati hidup' siapa tau dengan menikmati hidup dan nggak mikirn hamdun, malah hamdun, pikir saya.. tapi kok belom juga, hadeeeh.. Hingga kamipun sudah nggak mikirin promil lagi, dan kami malah fokus untuk renovasi rumah, biar lebih cozy.

PCOS DETECTED...

Suatu ketika saya bertemu dengan sahabat saya, dia sudah menikah selama tiga tahun, juga belum dikarunia anak. Dia bercerita kalau sekarang sedang program hamil ke dokter Soffin S.pOG. Dia cerita kalau divonis Pco oleh dokter. Saya mendengarkan cerita, step-step promil sahabat saya. Kemudian dia disarankan untuk menurunkan berat badan, karena sahabat saya tergolong gemuk. Sebelum menikah body aduhai, setelah menikah menjadi semlohai, hehehe... Saya kepedean bahwa saya tidak kena Pco, karena saya mendengar kalau Pco itu haid tidak datang rutin, kemudian volume darah haid sedikit. Saya haid rutin walau sering mundur 5-7 hari, dengan volume yang saya anggap normal, tidak sedikit, bahkan menurut saya lumayan banyak, bisa sampai 7-8 hari. Berat badan pun tergolong ideal, sepertinya begitu :D

Berikut gejala Pco yang saya kutip dari Webmed:
  1. Timbulnya Jerawat
  2. Peningkatan berat badan dan kesusakan menurunkan berat badan
  3. Ada rambut / bulu halus yg tumbuh di daerah wajah, dada, perut / punggung
  4. Ada rambut tipis didaerah kening kepala
  5. Punya siklus haid yg tidak teratur, pendarahan saat enstruasi dan biasanya hanya 9 kali dalam setahun atau kurang
  6. Infertil atau ketidaksuburan, wanita PCOS susa hamil dan punya anak.
  7. Sering merasa depresi
Ovarium wanita dg Pcos umumnya ditumbuhi kista-kista kecil dalam jumlah banyak, itulah mengapa penyakit ini disebut dengan polycystic ovary syndrome yg artinya banyak kista dalam ovarium.

Peyakit PCOS adalah ketidakseimbangan hormon yg biasanya menurun dalam keluarga, jadi jika ibu, nenek / saudara punya riwayat penyakit ini kemungkinan anda juga akan memilikinya

sumber: https://www.facebook.com/maccaunitedsolusihamil/posts/535982793080732

Oya, selain penyebabnya adalah garis keturunan, kemungkinan besar juga karena gaya hidup / pola makan. Saya rasa yang terjadi pada saya adalah karena pola makan, karena meruntut dari garis keturunan, dari nenek mempunyai banyak anak, both from my parents. Ibu saya juga terbilang subur karena hanya selang setahun beliau melahirkan anak pertama, tokceeer...

Setelah mendengar dari sahabat saya, dan diapun menyarankan u/ ke dokter Sophin S.pOG. Akhirnya goyah juga saya u/ menunda promil. Setelah diskusi dengan suami, akhirnya kita sepakat u/ mencoba dengan dr. Sophin S.pOG. Pas kami datang ketempat praktek beliau, kami melihat pemandangan sederet ibu-ibu dengan perut buncit, seems so happy expecting the babies inside. Huhuhuuu... Pengeeen.. Aku tanya sambil bergurau dengan suami, 'kira-kira bisa nggak ya yank, perutku buncit kek gitu (hamil maksudnya)' dengan mantab suami jawab 'Bisa, insyaAllah.. aku yakin kok' 

Kalo dibaca-baca, sepertinya saya dan suami kurang fokus dan konsisten untuk program hamil, hehe.. selain semangat yang suka up and down, kita berdua suka tidak sabaran, maunya instan, sekali dua kali konsultasi dan minum obat pengennya langsung hamil :D Yah, semoga program hamil saya dengan dokter Sofin bisa terus konsisten, sampai akhirnya dapat tiket H. Amiin...

Akhirnya tiba giliran kami berkonsultasi dengan dokter Sophin dengan membawa hasil lab tes HSG dan hasil test sperma suami, dilihat sama beliau, and he said we're okay. Dokter pun tidak bilang kalau suami varikokel (ngaco sekali kan si bapak alternatif itu..) Kemudian dokter melakukan usg transvagina (transv/tv), waktu saya di transv, yakni h+13 setelah mens. Melihat hasilnya di monitor, dokter bilang kalo saya ternyanya juga PCO. Baiklaaah.. (pikir saya). Panik?? sedikit, Why? karena saya banyak mendengar dan membaca kisah wanita dengan Pcos yang berhasil hamil. So, I stay calm. In fact, saya malah bersyukur, akhirnya ketemu juga penyebabnya, jadi saya tau apa yang selanjutnya akan saya lakukan, what and how?

Berikut gambaran tentang USG TransVagina:





Then what`s next step? dokter menyarankan saya u/ cek Lab meliputi pemeriksaan: LH, FSH, Prolaction, Estradiol dan Testosteron. Besok saya baru mau cek lab sodara-sodara..
Sementara menunggu waktu pemeriksaan lab (yang disarankan pas menstruasi hari ke-3) saya diharuskan u/ jogging tiap hari 15-20 menit, dan dokter meresepkan saya Metformin dan Glisodin. Saya pun browsing tentang Pcos, what do`s and dont`s, ini yang berhasil saya quote.

(Pco terlihat jelas di foto kanan, sel telur kecil-kecil)
PCO (polycystic ovary) adalah suatu keadaan di mana satu indung telur mengandung 12 folikel atau lebih. Karena acap orang salah duga, DR. MED. Dr. Calvin Tjong, SpOG menegaskan bahwa yang ditemukan pada PCO bukanlah sebuah kista, melainkan folikel-folikel kecil yang berukuran 5-7 mm. Kista adalah definisi yang dipakai bila pada indung telur ditemukan ruang yang berisi cairan atau benda padat dan dilapisi oleh selaput.
Pada satu indung telur terdapat jutaan folikel yang notabenenya adalah bakal sel telur. Setiap bulan setelah menstruasi, beberapa folikel akan membesar dan biasanya hanya satu folikel yang akan menjadi matang. Folikel yang matang mempunyai ukuran 18-25 mm.
Folikel yang matang ini akan  pecah dan menghasilkan sel telur dalam proses yang dinamakan ovulasi. Pada PCO, beberapa folikel berkembang, tetapi pembesaran ini terhenti pada ukuran 5-7 mm. Folikel-folikel yang tak kunjung matang akan terus menerus menghasilkan hormon estrogen yang mana bertanggung jawab mempengaruhi pertumbuhan selaput lendir pada rongga rahim.
Esterogen yang terus-menerus diproduksi, lambat laun membuat selaput lendir rongga rahim menjadi sangat tebal. Ketika sirkulasi darah dari dinding rahim tak lagi terfasilitasi, terjadilah bleeding berupa flek atau bahkan pendarahan yang sangat hebat. Amenorhea juga menjadi salah satu gejala yang kerap timbul sebab efek dari PCOS.
Tidak semua PCO yang termonitor dari USG berpotensi menyebabkan gangguan. Apabila temuan PCO turut disertai gangguan siklus menstruasi atau kelebihan hormon androgen (hormon laki-laki), barulah kondisi ini dikategorikan sebagai sindrom polikistik ovarium atau PCOS.
sumber: http://meetdoctor.com/article/memahami-pcos#
Berikut Terapi nutrisi untuk Pcos:
Penanganan tepat secara medik ditunjang dengan terapi nutrisi dan di bawah pengawasan ahli nutrisi dapat membantu ibu penderita Polycystic ovary syndrome (PCOS) bisa hamil dan melahirkan Cobalah panduan nutrisi ini:
* Bijaksana memilih jenis karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi yang akan diurai menjadi glukosa. Energi yang dihasilkannya digunakan tubuh untuk berbagai proses metabolisma. Bagi wanita dengan PCOS yang kelebihan berat badan, menurut Hillary M. Wright, Med, RD, LDN, pakar gizi penulis buku “The PCOS Diet Plan: A Natural Approach to Health for Women with Polycystic Ovary Syndrome,” pilihlah sumber karbohidrat seperti sayur dan buah-buahan, yang mengandung gula alami dan kadar serat tinggi. Juga karbohidrat berupa zat pati dalam sayuran, biji-bijian, kacang polong, dan kacang kering yang dimasak. Hindari konsumsi makanan yang hanya mengandung karbohidrat dan gula saja, seperti kerupuk, permen, kentang, pasta, dan camilan manis.
* Pilih yang rendah indeks glikemik. Sebuah riset yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, edisi Juli 2010, menyebutkan wanita dengan PCOS yang menjaga indeks glikemiknya tetap rendah dengan menjaga pola makan sehat, melaporkan siklus haid mereka menjadi teratur. Artinya, tingkat kesuburan mereka juga meningkat sehingga memiliki peluang untuk hamil. Indeks glikemik adalah ukuran kecepatan suatu jenis makanan diurai oleh tubuh menjadi gula dan selanjutnya diserap menjadi gula darah. Semakin tinggi indeks glikemik jenis makanan, makin cepat makanan diserap tubuh ke dalam darah, yang meningkatkan kadar gula darah. Gula murni adalah pemilik indeks glikemik paling tinggi, yaitu, 100.
► Makanan dengan indeks glikemik tinggi antara lain kerupuk (87±2), keripik jagung (81±6), bubur beras (78±9), kentang rebus (78±4), semangka (76±4), roti gandum (74±2), nasi putih (73±4)
► Makanan dan minuman dengan indeks glikemik sedang antara lain nasi beras merah (68±4), popcorn (65±5), kentang goreng (63±5), madu (61±3), minuman bersoda (59±3), buah mangga (59±8),
► Makanan dan minuman dengan indeks glikemik rendah antara lain bihun (53±7), jagung manis (52±5), es krim (51±3), jus jeruk (50±2), pisang (43±3), yoghurt (41±2), coklat (40±3), wortel rebus (39±4)
Protein penting. Dari hasil riset Dr. Sidika E. Kasim-Karakas , MD., pakar endokrinologi dari UC Davis Medical Center ENS, Sacramento, California, AS, membuktikan bahwa diet dengan menu makanan berprotein tinggi, dapat membantu mempertahankan kadar hormon, hingga siklus haid menjadi lebih teratur dan bisa meningkatkan kesuburan. Makanan tinggi protein seperti telur, ikan, daging, tempe, dan tahu biasanya mengandung karbohidrat rendah, yang membuat kadar gula normal dan menurunkan jumlah insulin yang dihasilkan pankreas. Kadar insulin yang rendah akan menurunkan kadar hormon androgen yang diproduksi ovarium. Artinya, sel-sel telur di dalam ovarium berkesempatan untuk matang, yang memungkinkan terjadinya kehamilan!
 Contoh Menu bagi penderita PCOS 
Ini contoh menu terapi nutrisi untuk si PCOS.
◘ Sarapan sebaiknya terdiri dari jenis makanan kaya serat serta rendah lemak. Contohnya:
- Gandum atau oatmeal, putih telur rebus atau goreng.
- Wafel dengan saus apel dan susu skim.
- Oatmeal dengan buah dan yoghurt.
- Muffin gandum, yoghurt, potongan buah segar.
- Roti gandum, telur, dan secangkir teh tanpa gula.
◘ Makan siang sebaiknya terdiri dari jenis makanan rendah karbohidrat, banyak sayuran hijau, dan protein. Contohnya:
- Sup kacang merah, sandwich dari roti gandum, dan potongan buah segar.
- Salad sayuran dengan tambahan ayam panggang atau daging, ikan tuna atau ikan salmon, dan jus buah segar tanpa gula
- Burger sayuran dan selada tomat, bawang bombay, mustard, dan jus apel.
- Ayam panggang, sayuran kukus atau masakan sayuran berkuah (sayur bayam).
- Sup sayuran seperti wortel, brokoli, yoghurt tanpa tambahan gula, buah-buahan segar seperti stroberi atau jeruk atau apel.
◘ Makan malam sebaiknya terdiri dari jenis makanan dengan kandungan karbohidrat sedang - memiliki indeks glikemik sedang -- , protein, serta lemak. Contohnya:
- Potongan daging panggang tanpa lemak nasi beras merah, dan cah sayuran (brokoli dan wortel).
- Ayam panggang atau goreng, sayuran berkuah, es krim rendah lemak atau bebas lemak.
- Ikan seperti salmon dan tuna bakar dengan olesan minyak zaitun, sayuran rebus, dan - buah segar.
- Nasi goreng udang dengan menggunakan beras merah, sayuran tumis atau capcay, yoghurt dan potongan buah segar.
- Jagung rebus manis, daging sapi atau ayam, susu tanpa lemak. (me)
Semoga Bermanfaat 
sumber: https://www.facebook.com/akuingincepathamil/posts/524419924289905

Dari tips pola makan diatas program yang saya lakukan yakni: 
  • Jogging jam 5-6 pagi tiap hari (Alhamdulillah ditemenin suami terus)
  • Mengganti nasi putih dengan beras merah (tapi tetep saya mix dengan beras putih, biar rasanya nggak jauh beda dengan nasi, dengan takaran 2:1, oya kalo ingin masak nasi merah takaran airnya lebih banyak dari kita biasanya masak beras biasa)
  • Mengkonsomsi Glisodin (antioksidan) dan Metformin yg diresepkan oleh dokter
  • Mengkonsumsi telur ayam kampung, putihnya saja (tapi biasanya saya lahap kuningnya juga, tanggung) hehehe...Putih telur ayam kampung berkhasiat untuk memperbesar sel telur (egg for egg)
  • Mengkonsumsi jus femmie: wortel, apel, tomat all blend together (no sugar) Rasanya enak kok.
Jus Femmie a.k.a tiga diva
  • Mengkonsumsi ketela rambat, konon kabarnya akan merangsang sel telur u/ jadi besar dan mengandung antioksidan (ketela rambat ungu menurut banyak sumber mengandung paling banyak antioksidan)
  • Sama sekali stop makan junk food dan ayam boihler.
  • Mengurangi gula dan yang manis-manis, semula saya menghindari, karena salah satu penyebab pco itu adalah resistensi insulin, dan penderita pco akan lebih rentan terkena diabetes, walau sebelumnya tidak ada keturunan diabetes. Tapi akhirnya goyah juga saya, apalagi kalo teman bawa kue ke kantor, aduuh.. rasanya pedih cuman bisa ngliatin, pengennya nyomot. Tapi setelah konsultasi dengan dokter saya, boleh mengkonsumsi gula/yg manis-manis asal jogging / olahraga nya rutin. hehe..mantep nih.

SOCIAL PRESSURE

Alhamdulillah punya suami yang fully support 1000%, saya tidak tau apa yang suami pikirkan atau dirasakan, saya yakin pasti suami juga kadang mengalami masa up and down, tapi nggak seperti saya yang sedikit-sedikit melo, maklum perempuan lebih ekspresif ketimbang laki-laki. Suami selalu support dari awal kami menikah, hingga sekarang. Saya ingat sering nangis bombay kalo haid datang, kisah mewek dikamar mandi meratapi hasil testpack yang hanya menunjukkan strip satu, huhuuhuuu... (seperti adegan sinetron) 

Ada yang menarik dari artikel yang saya baca, judulnya seperti ini "Jika hamil itu kompetisi, apakah semua perempuan harus menjadi Pemenang?"

Iya, sedihnya masyarakat sekitar kita masih menganggap hamil itu suatu 'keberhasilan' dalam sebuah pernikahan? Saya yakin, banyak diantara kita diberondong pertanyaan 'udah hamil?' 'kapan hamil?', 'Kok nggak hamil-hamil?' bahkan hingga yang sudah kelewatan batas, karena bernada 'menghakimi' kita begini dan begitu. Well, menyebalkan memang.. tapi kita memang tidak bisa mengontrol orang untuk berkata atau tak mengatakan hal yang kita mau. Dulu awal pernikahan, saya selalu menelan semua omongan orang, alhasil drama melankolis, nangis bombay menghiasi hari-hari saya walau saya tidak pernah menunjukkannya di depan mereka-mereka. 

Berikut yang menarik dari tulisan mbak Alia di blognya, sebenarnya ini ditujukan untuk mereka-mereka diluar sana:

Sebelum mulai bertanya yang macam-macam, bayangkanlah ini:
  • Betapa setiap pasangan punya tantangan masing-masing dalam rumah tangganya. Mungkin anak belum menjadi prioritas pasangan itu sekarang. Jadi biarkan mereka merumuskan kebutuhan rumah tangga mereka sendiri.
  • Betapa setiap malam pasangan itu berdoa dengan sepenuh jiwa untuk diberi kesempatan memiliki anak. Jadi janganlah menghakimi dengan seolah menjadi begitu peduli.
  • Betapa setiap pasangan itu sudah keluar-masuk ruangan dokter kandungan dan menjalani berpuluh-puluh kali pemeriksaan untuk membuat sesi sperma berhasil membuahi sel telur. Jadi jangan bebani mereka dengan pertanyaan kapan hamil, karena itu akan mengingatkan proses panjang yang sudah atau sedang dilalui.
  • Bisa jadi pasangan itu punya kondisi yang membuat mereka tidak semudah pasangan lain yang sekali ngeliatin bini langsung jadi anak. Jadi janganlah menggurui.
source: https://flyingsolighttothesky.wordpress.com/2015/05/07/jika-hamil-itu-kompetisi-apakah-semua-perempuan-harus-jadi-pemenang/

Memang untuk wanita spesial seperti kita yang sama Allah ditunda untuk dikukuhkan menjadi seorang ibu, pasti mengalami pergolakan batin, no doubt. Tapi remember..rejeki Allah itu tidak mungkin tertukar, cuman giliran kita agak di-pendinglets say kalau Allah itu menganggap kita bisa lebih bersabar, dan Allah ingin melihat kita berikhtiar. Mengutip dari status salah satu teman 'Delay doesn`t mean delete' Orang jawa bilang 'Kabeh nduwe lelakon' artinya semua punya lakon, cerita atau peran. Saya memilih untuk melakoninya dengan santai, dan menikmati lakon  saya, sambil terus berusaha dan berdoa, InsyaAllah..

Berikut yang saya quote dari bapak Dahlan Iskan, and keep it mind ya moms:
"Jika semua yang kita kehendaki terus kita miliki, dari mana kita belajar ikhlas?"
"Jika semua yang kita impikan segera terwujud, darimana kita belajar sabar?"
"Jika setiap doa kita terus dikabulkan, bagaimana kita dapat belajar ikhtiar?"
-Dahlan Iskan-

So tetap semangat PCOS Fighter!!

35 komentar:

  1. Selamat sore Mba. Saya mau tanya, fungsi glisodin dalam promil itu untuk apa ya? Saya dapet resep itu juga dari dokter. Tengkyyuu
    Semoga promilY berhasil yaaa :)

    BalasHapus
  2. Halo mba. Saya juga penderita PCO. Udah nikah 1tahun 4bulan masih negatif. Udh berhasil hamil blm mba?

    BalasHapus
  3. Dear Mbak Ghita Ryan Septiani
    Halo mbak, terima kasih sudah berkunjung di blog saya dan mohon maaf baru sempet nengokin lagi dan reply. Glisodin itu setelah saya gugling untuk antioksidan mbak, untuk daya tahan tubuh. Jadi memekasimalkan promil, inshaAllah. Antioksidan alami juga bisa diperoleh dari jus 3 diva (wortel, apel, tomat) semua sayuran dan buah yang berwarna ungu, coba ketela ungu masukin ke daftar diet mbak. Honestly saya dietnya juga lagi kacau ini mbak, mau start over again. Semangaaat...!!

    Salam hangat,
    Yuli

    BalasHapus
  4. Dear Perjalanan Hidup
    Halo mbak, thank you for visiting blog saya :)

    Saya belom berhasil ini mbak, kemarin ikhtiar hanya berhasil 3 bulan, sensor diet makan dan olahraga rutin. Habis itu berantakan lagi. Hehehe.. Mari berjuang bersama mbak.

    Salam,
    Yuli

    BalasHapus
  5. Wah, baca artikel mbak bikin saya ttp semangat promil.
    saya udah menikah 5thn 8bln tp belum dititipi ANUGERAH itu oleh Allah SWT. ini bulan pertama kami "serius" untuk memulai program kehamilan.

    kata2 ini bikin saya merasa spesial mbak. memang kita wanita2 pilihan Allah. wanita2 yg memiliki kadar sabar yang lebih banyak.
    "Oya moms, untuk wanita spesial seperti kita yang sama Allah ditunda untuk dikukuhkan menjadi seorang ibu"

    tetap semangat ya mbak, selalu menjadi wanita yang menguatkan sesamanya.
    semoga kita cepet dapet tiket H nya.

    BalasHapus
  6. Mbak kalo boleh tau.dokter eryana.alamatnya dmna ya mbak. Pengen priksa kesana mbak.aku juga dari solo.slam knal mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Dita
      Halo mbak, makasih udah mampir ke blog saya.

      Alamat dr. Eryana di apotek jamsaren, depan Sd Al Islam Jamsaren. Dulu buka praktek nya sore, siang ambil antrean dulu biar sore nya nggak ngantri panjang. Good luck mbak :)

      Hapus
  7. Mbak yuli....terharu bgt baca blognya...aq jg udh nikah 2 th 2 bulan blm dikasih baby...aq td baru k dokter dan dsuruh k lab buat tes ..kalo dr ciri2 nya aq sepertinya PCO jg....baca blog mba bikin aq semangattt....makasihh yahh mba...

    BalasHapus
  8. Haiiii mbak ,sy lagsg merembes milii bacaa blognyaa..saya wanita 26 yo mba ,eh iya salam kenal darii sy ya mba ..
    Sy baru menikah hitungan mgu dengan suami (ini suami dari pernikahan kedua),3 tahun lalu sy menikah tapi takdir berkata lain ,sy berpisah dalam sebuah perceraian dengan lama pernikahan 8 bulan (so sad kala itu )..dan tanpa dikaruniai anak,dahulu sy telah promil dari bulan pertama menikah ,sy terdeteksi pco (sel telur kecil ) dan sudah melakukan hsg hasilnya patent (tak ada penyumbatan )..mens sy teratur setiap bulan dengan 28 hari siklusnya..pada saaat itu suami dahulu mempunyai sperma olygozoospermia (sperma sedikit dan rendah kualitasnya ),sampe kala itu vitamin semua sudah kami konsumsi ..tapii masih nihil dan ternyata takdir berkata kami berpisah ..2 tahun berjalan sy sendiri dan sampai akhirnya sy menikah lagi dengan duda seorang putri kecil 1tahun 8 bulan ,uminya meninggal 6 buln lalu pada saat melahirkan anak kedua,dan itu artinya suami sy saat ini tidak mengalami infertilitas ..sy sungguh samat amat takut saat ini jika kali ini pun saya tidak bs hamil mbaa..hiks (lap air mata )..sy menikah kemarin pada saat selesai mens ,dan kami lagsg HB dengab rutin ,tapi sperma suami sy ttp keluar ..yg lalu juga seperti itu mba ..pernikahan pertama sperma juga keluar..kali ini sperma yg keluar tergolong encer .
    2 hari ini porsi makan saya banyak sekali ,badan pegel2..dan sy iseng TP pagi tadi ,hasilnya masih garis satu mba..(hiks)..sy takut tidak bs memberikan anak kepada suami sy mba..jadwwal mens 10 hari lagi terhitung hari ini mba..thanks blogny mba yaa..walau saat ini sangat sedih..hiks ..semangat ya mbaaa..semoga Allah mengizinkan kita wwnita spesial inii memliki keturunan ..aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak Sahara :)
      Mohon maaf baru bales. Cup..cup (peluuk..) hehee.. Jangan dijadikan beban mbak, semua ini sudah ada yang mengatur. Memiliki atau tak memiliki anak itu hak prerogative Tuhan. Jangan pernah mendahului Tuhan, berpikir nggak bakal bisa dll. Cheers..
      Ini aku juga blm berhasil mbak, mau coba akupuntur. Bismillah.. Pokoknya setiap ikhtiar kita harus slalu positif thinking. Nggak usah mikir orang lain. Inget mbak, dalam sebuah pernikahan, mempunyau anak itu bukan sebuah kompetisi :)
      Tetep semangat mbak..

      Hapus
  9. Haiiii mbak ,sy lagsg merembes milii bacaa blognyaa..saya wanita 26 yo mba ,eh iya salam kenal darii sy ya mba ..
    Sy baru menikah hitungan mgu dengan suami (ini suami dari pernikahan kedua),3 tahun lalu sy menikah tapi takdir berkata lain ,sy berpisah dalam sebuah perceraian dengan lama pernikahan 8 bulan (so sad kala itu )..dan tanpa dikaruniai anak,dahulu sy telah promil dari bulan pertama menikah ,sy terdeteksi pco (sel telur kecil ) dan sudah melakukan hsg hasilnya patent (tak ada penyumbatan )..mens sy teratur setiap bulan dengan 28 hari siklusnya..pada saaat itu suami dahulu mempunyai sperma olygozoospermia (sperma sedikit dan rendah kualitasnya ),sampe kala itu vitamin semua sudah kami konsumsi ..tapii masih nihil dan ternyata takdir berkata kami berpisah ..2 tahun berjalan sy sendiri dan sampai akhirnya sy menikah lagi dengan duda seorang putri kecil 1tahun 8 bulan ,uminya meninggal 6 buln lalu pada saat melahirkan anak kedua,dan itu artinya suami sy saat ini tidak mengalami infertilitas ..sy sungguh samat amat takut saat ini jika kali ini pun saya tidak bs hamil mbaa..hiks (lap air mata )..sy menikah kemarin pada saat selesai mens ,dan kami lagsg HB dengab rutin ,tapi sperma suami sy ttp keluar ..yg lalu juga seperti itu mba ..pernikahan pertama sperma juga keluar..kali ini sperma yg keluar tergolong encer .
    2 hari ini porsi makan saya banyak sekali ,badan pegel2..dan sy iseng TP pagi tadi ,hasilnya masih garis satu mba..(hiks)..sy takut tidak bs memberikan anak kepada suami sy mba..jadwwal mens 10 hari lagi terhitung hari ini mba..thanks blogny mba yaa..walau saat ini sangat sedih..hiks ..semangat ya mbaaa..semoga Allah mengizinkan kita wwnita spesial inii memliki keturunan ..aamiin.

    BalasHapus
  10. Suka banget baca ini . Bikin gak down lagi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Sevti
      Salam kenal mbak, dan makasih banyak udah mampir ke blog saya.

      Siiip... Tetep semangat 45 pokoknya ;)

      Hapus
  11. Mb kl blh tau.. dr eryana almtnya dmn yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak Ais36

      Alamat dr. Eryana di Apotek Jamsaren depan SD Al Islam Jamsaren. Beliau spertinya juga praktek di Moewardi.
      Good luck mbak Ais :)

      Hapus
  12. Salam kenal mbak yuli, saya jg dr solo.. Saya jg divonis pcos, pernikahan udah mau 6thn.. Dl pernah program ke dokter ivan, ga cocok trs 2011 pindah ke dokter soffin.. Sama dokter soffin lngsg diprogram buat inseminasi tp gagal soalnya telur ga mau berkembang, sampai udah disuntik gonal f 2x, akirnya dokter nyuruh bwt bayi tabung, tp kami blm siap. Habis itu mls promil lg, cuma pasrah aja sambil nikmatin hidup..hehe. Akirnya thn ini mutusin bwt promil lg ke dr.Eryana, trs disuruh test hormon sama cek sperma suami dl.. Oya mbak, klo disolo akupuntur buat infertility dmn y? Katanya bagus bwt pematangan telur..

    BalasHapus
  13. Halo mbak Rachmani Muthiah. Salam kenal juga.

    Saya terakhir ke dr. Soffin suruh drilling, cuman blm terlaksana, hehe.. Mahal juga sih,25 klo ga salah.
    Iya ini rencana mau coba akupuntur mbak, smga saja cocok. Saya pernah dikasih alamatnya sama temen. Coba nanti saya cek lagi, segera saya update. InshaAllah.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, semoga tanpa perlu didrilling uda dikasih momongan ya mbak..Aamiin. Saling doa mendoakan ya mbak yuli..:-)

      Hapus
  14. sore mba,saya juga dari solo,salam kenal
    saya bacanya dri awal smpe akhir deg2an mba gimna hasilnya,saya sdah menikah sekitar satu tahunan tp blm juga dpt momongan,akhirnya saya juga promil mba,dulu promilnya cuma liat2 dari internet,udah nyoba minum madu penyubur kandungan bareng suami juga,minum asam folat+vit e,minum susu prenagen juga,smpe tiap pagi bikini jus wortel+tomat+apel buat suami,dll
    tp memng saya sama suami g sabaran,sebulan g ada hasil berhenti programnya,ini mau mulai program lgi mba soalnya mertuaku tiap hari nnya hamil blm trs,sedih akunya mba :(
    tdi pagi suami habis tes sperma,hasilnya blm keluar tapi mudh2an g papa :)
    aku mau tanya mba,bagusan dokter eryana apa soffin mba? rencananya saya mau ke dokter eryana soalnya pngen yg dokternya cwe,dr sofin itu cwe apa cwo ya mba? suwun infonya,mdh2an kita bisa cpt2 dpt momongan,amin :)

    BalasHapus
  15. sore mba,saya juga dari solo,salam kenal
    saya bacanya dri awal smpe akhir deg2an mba gimna hasilnya,saya sdah menikah sekitar satu tahunan tp blm juga dpt momongan,akhirnya saya juga promil mba,dulu promilnya cuma liat2 dari internet,udah nyoba minum madu penyubur kandungan bareng suami juga,minum asam folat+vit e,minum susu prenagen juga,smpe tiap pagi bikini jus wortel+tomat+apel buat suami,dll
    tp memng saya sama suami g sabaran,sebulan g ada hasil berhenti programnya,ini mau mulai program lgi mba soalnya mertuaku tiap hari nnya hamil blm trs,sedih akunya mba :(
    tdi pagi suami habis tes sperma,hasilnya blm keluar tapi mudh2an g papa :)
    aku mau tanya mba,bagusan dokter eryana apa soffin mba? rencananya saya mau ke dokter eryana soalnya pngen yg dokternya cwe,dr sofin itu cwe apa cwo ya mba? suwun infonya,mdh2an kita bisa cpt2 dpt momongan,amin :)

    BalasHapus
  16. Salam kenal semua..Tetep semangat yaa.. aku nikah dr th 2011.. smpt hamil di bulan ke-8 pernikahan lalu keguguran harus di kuretase..di th 2014 aku iseng2 pas ngater temen buat cek kehamilan.. di saranin sm temen biar sklian cek up.. oke deh g ada salahnya cek. Di situ pas di tanya susternya mau promil sekalian aku bgg jwbnya org cuma iseng niatnya cm mau konsul mens tdk teratur.. okelah pas di tanya aku bilang iy aja mau promil..setelah antri dan pas udh urutanya.. di dalem aku sm suami ketemu sama dokter lisdayanti.di tanyain dlu udh brp th nikah.. lalu ooh ini pernah keguguran dan kuretase jwbnya.. kebetulan punya history di RS tersebut.. okelah setelah di tanya bla bla bla.. dokter cantik ini lgsng usg dan hasilnya normal.. lalu stlhvitu beliau msh pnasaran.. lalu lajjut USG trans vagina
    . Dan hasilnya dia jilang sel telurnya bayak.. dalam hati aku seneng.. wah banyak berarti subur donk.. trnyt stlah slsai aku duduk kembali dan di jelaskan tentang bla bla bla.. sumpah syock bgt dengernya..aku d suruh turunin berat badan.. ini itu ini itu aku di kasih obat metformin inlacin dan volavit.. 2 bln pertama berhasil turun 4 kg.. tp bln ke 3 brat bdn naik gara2 stres mikirin gmn diet yg cepet.. alhasil pas cek ip di bilangin.. jgn smp bb naik.. siap deh dok demi debay
    . Akhirnya aku lnjut kmbli program dietnya .. kurus dlu brh lnjut promil.. smpet akupunktur segala juga donor darah juga.. biasanya kli ahis donir bb turun hihii.. dan pas di jln juli 2014 pas itu awal puasa.. aku udh telat 1 mnggu.. pulang dr kantor sebgaja beli tespek.. dan trnyta hasilnya 2 garis.. alhamdulillah sekali..akirnya aku hamil juga stlh 6 bln ngikutin saran dokter lisda.. skrang babyku umur 13bulan.. semoga temen yg senasib sm kaya aku cepet di kasih momongan.. ttp ikhtiar ttp berusaha.. kita bisa ngelawan PCOS..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kak... saya viana, mengalami hal yang sama dengan kakak2 alami datas.. boleh tau alamat dokter lisdayanti itu dmn y?

      Hapus
  17. Hihii maaf mba mbak cantik tadi blm nenalin diri.. saya anggi dari tegal.. akun nya blm di kluarin punya si adek.. jadi namanya ziki fauzi

    BalasHapus
  18. sangat menginspirasi isi blognya , saya sampai kagum trenyuh mba memang disaat hidup berrumah tangga banyak sekali persaingan yang harus kita lakukan apapun itu bentuk mulai dari kita bersaing melawan emosi suami istri agar rumah tangga harmonis sampai kita berjuang untuk kehadiran seorang anak . semangat untuk para bunda semuanya semoga Alloh memberikan yang terbaik untuk kita semua apapun masalah kita hanya Alloh yang maha Mengetahui hasilnya , saat ini kita sedang melakukan segala upaya untuk kesembuhan itulah tugas manusia terus berikhtiar . Amiin salam 2 garis .

    BalasHapus
  19. Siang bunda, saya cek HSG ke dr. Ira rahma hidayati SP.Rad, kebetulan di rsia budhi jaya (beliau biasanya di RS Fatmawati). dokter Ira baik sekali, sabar ketika proses pemeriksaan. dokter juga pelan-pelan dan selalu memberitahukan ke saya setiap step yang dilalui, supaya saya tenang dan rileks. saya kira pemeriksaan HSG sakit banget, eh ternyata ga kok, cuman sedikit nyeri aja dan prosesnya juga cepat, tidak sampai 30 menit dah kelar dan Alhamdulillah saluran rahim saya baik dan tidak ada masalah. Dokter juga menerangkan hasil scanning dengan seksama dan menjawab setiap pertanyaan saya dengan penuh semangat. Sya Recomed deh dokter Ira rahma untuk bunda yang hendak tes HSG. " By Wenny :)"

    BalasHapus
  20. Salam kenal semua,sy jg dr solo
    Baca blognya sama bgd dg pengalamanku
    Sy nikah udh 3th,sy jg menderita pcos,pernah program dokter minum metformin dll tp blm berhasil,trs sy stop promil sampai dipernikahan yg ke3 sy coba cek ke dokter eryana,tp beliau menyarankan utk inseminasi,klo utk inseminasi sy msh berfikir bbrp x utk memutuskan,skrg sy g promil kedokter
    Setelah baca artikel ini,sy jd lebih semangat, pgn coba lebih mengukur pola makan dan olahraga teratur, menstruasi sy selalu teratur tiap bulannya.
    Smg kita semua segera dipercaya sama Allah swt utk mendapatkan momongan yg sholeh sholihah... aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Ucta

      Semangat selalu Mbak, may all our wishes come true. Amiin..

      Hapus
  21. izin share mbk pengalamannya kebetulan saya lagi membuat artikel tenang Penyakit PCOS ini semoga ini bisa menjadi penyemangat untuk pendeirta PCOS lainnya !

    BalasHapus
  22. Selingan iklan "Chek out koleksi baju kami yang kekinian nan kece, for daily atau formal occasion di IG: theapplepieshop. Sekedar windows shopping aja boleh, apalagi beli. Hehehe... Kalo nggak sesuai feel free to skip it. Thanks dear ;)

    BalasHapus
  23. Halo salam kenal,

    Senang banget tulisanku yang "Jika hamil itu kompetisi, apakah semua perempuan harus menjadi Pemenang?" ikut dimasukkan ke dalam postingan yang memotivasi ini. Semangat terus ya Mbak. Oiya, namaku Priska bukan Alia hihihii....dan sekarang blog baruku di priskasiagian.com Yuk main-main lagi :D

    Semangat terus Mbak :D

    BalasHapus
  24. Tulisannya menginspirasi sekali mbak... Alhamdulillah saya juga PCO dan sekarang lagi berjuag untuk sembuh dan berjuang mendapatkan kepercayaan Allah untuk mendapatkan keturunan, aammiin.. Untuk obatnya aku dikasih metformin sama ovacare terus minggu ini bakal HSG kayaknya (takut sih sebenarnya hehe) tapi demi memantapkan pemeriksaan. Oiya.. sharing juga saya berobat ke dokter Botefilia di RS Asri Durentiga, katanya beliau juga praktek di RS Tambak. Dr. Botfilia komunikatif dan mendukung saya buat sembuh, jadi makin semangat nih buat program. Semoga kita dimudahkan yaa mbak, aamiin ^_^

    BalasHapus
  25. To be a special woman, to get a higher of iman. Salam kenal mbak, saya syamsiyah

    BalasHapus
  26. Hajar Jahanam atau Nama Lainnya “Hajar Sa’adah” ialah Obat Herbal yang di gunakan untuk Pria dan Berfungsi Untuk Memperpanjang durasi dalam berhubungan Suami-istri atau bersanggama. Jadi, bagi anda Pria yang telah mempunyai Pasangan dan mempunyai problem dengan durasi berhubungan intim atau mungkin ingin memanjangkan durasi permainan, Hajar Jahanam mesir asli atau nama lainnya Hajar Sa’adah merupakan solusi yang tepat. karna Penggunaannya tidak menimbulkan Efek Samping yang berbahaya untuk tubuh.Tidak dapat di pungkiri banyak Pria yang tidak puas atau bahkan ingin memuaskan pasangannya dengan Menggunakan obat-obatan kimia. yang tujuannya untuk memperpanjang durasi dalam berhubungan suami istri. Harga hajar sa'adah cap piramid juga sangat terjangkau sekali...

    BalasHapus